Senin, 05 November 2012

TUTORIAL ROOT HTC ONE V

Masih seputar htc android, sekarang saya akan share cara root, s-off, unlock bootloader, mode recovery dan fastboot. Pokoknya lumayan lengkap laahh, oiya do with your own risk, dan kalau masih ada yang bingung, bisa langsung kirim pertanyaan di kolom komentar. Insya alloh saya bisa membantu dengan cepat. selamat mengoprek oprek gan

BOOTLOADER

Ane pribadi kurang ngerti betul arti dari bootloader sendiri, tapi kegunaannya buat agan masuk ke fastboot, recovery, factory reset, dll yang berhubungan tentang mengganti daleman lunak si hape.

Cara masuk ke bootloader adalah :
-> Matikan handphone secara sempurna
-> Nyalakan dengan menekan volume bawah + power ditekan yang lama secara bersamaan
-> Nanti akan muncul tampilan seperti dibawah ini

FASTBOOT MODE
Fastboot itu sesi dimana handphone dan komputer terkoneksi dengan kabel biar bisa input/flash/instal data dengan command prompt dari komputer. Contohnya mau flash recover / hboot / dan semacamnya.


RECOVERY MODE
Recovery itu ada yang official bawaan ada yang custom. Ane sendiri seumur-umur gak pernah pake yang official / bawaan karena gak bisa buat flash Custom ROM. Recovery itu gunanya buat flash file yang ada di sd card ke dalam handphone. Beda tipis sama fastboot, tapi fastboot mainnya dari komputer. Recovery bisa flash ROM, APK, Extra buat Custom ROM, dll.

Recovery yang sering digunakan namanya ClockworkMod


Spoilerfor S-OFF
Nahh, ini yang utama dari semua yang udah dibaca diatas. S-Off sebenernya artinya Security-Off. Jadi mulai dari tahun berapa gitu, di setiap device htc bootloadernya di LOCK sehingga bootloadernya mendapatkan S-ON [security on]. Kalau bootloadernya di LOCK karena S-ON pasti kita gak bisa ngubah-ngubah daleman lunak si hape kan ? Nah, makanya bagi yang mau ubah-ubah daleman hape biar lebih mantep di S-OFF/UNLOCK BOOTLOADER. Tapi ada efeknya yah, garansi angus. Tapi tenang aja, kalo di S-ON balik, garansi ada lagi (unik aneh tapi nyata) Dan biar S-OFF atau balik ke S-ON. HTC telah menyediakannya secara OFFICIAL.

Cara S-OFF :
Gampang kok, ane baru beli one v, besoknya ane s-off 10 menit kelar. Buka website :http://www.htcdev.com/bootloader/
JANGAN LUPA SIGN-UP / LOGIN
Ikutin aja petunjuk selanjutnya setelah mengklik tombol "Begin Unlock Bootloader" dengan memilih "All Other Supported Devices" pada opsi perangkat seperti dibawah ini :

ROOT

Setelah S-OFF sayang kalo nggak di Root. Root sendiri kegunaannya adalah memberikan hak admin tertinggi ke kita di handphone. Artinya kita bisa ubah system. Contoh keuntungannya : Hapus stock app, ganti warna led, dll

Cara Root :
-> Download file ini kemudian di ekstrak
-> Matikan handphone secara total (jangan yang fast boot mode. fastboot dan fast boot beda. Kalo gak ngerti lagi fast boot atau kagak teken power 10detik buat matiin total.
-> Masuk ke bootloader
-> Pilih fastboot, lalu tuncepin kabel data ke komputer. Nanti di hape jadi ada tulisan Fasboot USB
-> Buka folder ekstrakan tadi, klik file ‘install-superboot-windows.bat’ tunggu sampai selesai ntar otomatis reboot
-> Voila! udah di root deh. Kalo error, cek deh udah di s-off belum? NO S-OFF KAGAK BISA DI ROOT

3 komentar:

  1. Hp ane bootloader udah unlock, tp kok masih s on, gmn gan solusinya. thanks

    BalasHapus
  2. trims bos, tapi gue tidak menemukan device gw (htc one v) di daftar supported device untuk di unlock bootloader, demikian juga kaga ada pilihan "select all" sebagaimana yang direkomendasikan bila tidak menemukan perangkat kita dalam daftar

    gimana solusinya bos...thanks sebelumnya

    salam sukses

    BalasHapus
  3. file root nya kadaluarsa min , update dong!

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...